Mengenai Saya

Foto saya
nama saya heri junaedi,saya suka dipanggil heri atau ntet. ..Kenapa dipanggil ntet? Rahasia!Saya tinggal bersama ibu dan keluarga saya yang lain. saya suka bermain bola.saya sangat menyayangi ibu saya, karena dia saya bisa ada. saya hoby bermain bola. saya sekolah di TK al-mukmin, SD setiabudi, SLTP N 12 Bandung, SMA 2 Bandung, dan sekarang di POLBAN jurusan Administrasi Niaga Program Studi Administrasi Bisnis Kelas 3 AB A. Mungkin itulah sedikit hal tentang saya.

Pengikut

Selasa, 27 Januari 2009

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

Perkembangan industri mempunyai korelasi dengan pekerja. Banyak industri yang prosesnya berdampak negatifterhadap kesehatan dan keselamatan pekerjanya, seperti industri bahan kimia, jasa konstruksi, nuklir, plastik, besibaja, dsb. Sejalan dengan hal ini, maka industri – industri yang berdampak bagi pekerjanya harus mengelolalingkungan kerjanya agar dapat menurunkan dampak. Sikap kritis dari masyarakat dunia juga mendorong industriyang beresiko ke pekerja untuk menerapkan suatu sistem pengelolaan yang aman bagi pekerjanya. Latar belakanginilah yang melandasi pembentukan OHSAS 18001 oleh Organisasi Internasional.OHSAS 18001 diakomodasikan untuk pengendalian operasional proses yang aman bagi pekerja. Untukmenerapkan sistem ini dibutuhkan tiga tahapan proses, sebagai berikut :
1. Tahap Identifikasi AwalAnalisa / identifikasi terhadap tingkat kecukupan terhadap sistem dan fasilitas kesehatan dan keselamatankerja di organisasi / industri. Mencakup evaluasi proses di organisasi, pemeriksaan terhadap prosedur yangada, analisa tingkat kecelakaan pada masa lalu dan peraturan atau perundang-undangan yang berlaku.
2. Tahap Persiapan dan ImplementasiTahap ini merupakan tahap persiapan dokumen dan program kerja serta pelaksanaan implentasinya. Padatahap ini ada beberapa elemen yang harus diperhatikan yaitu :
a. Kebijakan kesehatan dan keselamatan kerja serta kepemimpinannya
b. Organisasi, sumberdaya dan training
c. Pengendalian operasional yang menjadi titik tolak prosedur proses, peraturan kesehatan dan keselamatankerja dan perijinan di lingkungan kerja.
Tujuan dan target dari kesehatan dan keselamatan kerja, Panduan sistem kesehatan dan keselamatan kerja dan dokumentasif. Pengendalian operasional yang mencakup pemantauan kesehatan kerja, persiapan proyek, pembelian dan pemasok.
d. Pemeriksaan dan tindakan pencegahan, investigasi dan tindakan perbaikanh. Tindakan darurati. Pengendalian catatan, audit dan tinjauan manajemen
3. Tahap Penilaian Kinerja ProsesTahap ini merupakan tahap penilaian terhadap sistem yang telah diterapkan mencakup penilaian dokumentasi,verifikasi penerapan dan tindakan perbaikan / pencegahan yang diperlukan.Keuntungan dari penerapan sistem manajemen OHSAS 18001 adalah :
1. Perlindungan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja karyawan
2. Mengurangi resiko kecelakaan
3. Motivasi karyawan lebih tinggi
4. Pengurangan biaya operasi dan biaya kecelakaan kerja
5. Meningkatkan citra dan image perusahaan
6. Mengurangi pembayaran asuransi
Copy Right ©2008 SIEN ConsultantGrowth Together with U

Tidak ada komentar: